Face of Jogja, sebuah komunitas pemuda pemerhati kebudayaan Yogyakarta bekerjasama dengan Kodim 0734 beserta Wehrkreis III yakni perkumpulan para veteran perjuangan Serangan Oemoem 1 Maret 1949 berencana menggelar kegiatan budaya yang melibatkan seluruh elemen warga kota ini. Kegiatan ini digelar sekaligus untuk memperingati 1 abad Sri Sultan HB IX yang peringatan puncaknya telah dirayakan bersama warga Yogyalarta beberapa waktu lalu.

Ketua pelaksana kegiatan, Irwan Gosonk dalam jumpa pers yang digelar di Ndalem Yudhanegaran, Rabu (18/4) mengatakan, tema acara budaya tersebut 'Nguri-uri Kabudayan Ngayogyakarta lan Mangayubagyo 1 Abad HB IX'. Rangkaian agenda seni hiburan yang akan ditampilkan antara lain musik tradisi, pameran UMKM, fotografi, kirab budaya, geguritan dan event seni lainnya.

“Acara ini untuk memaknai urutan peristiwa di Yogyakarta. Peristiwa ini bukan hanya milik masyarakat Yogyakarta, melainkan masyarakat seluruh Indonesia,” ungkapnya.

Hari pertama, Sabtu (21/4) kegiatan ini akan diisi dengan kompetisi hip hop, konvoi keliling kota, konvoi budaya, kompetisi fotografi, kompetisi fotografi, geguritan, penampilan berbagai band dan kompetisi freestyle. Hari berikutnya, Minggu (22/4) kegiatan akan diawali senam masal mulai pukul 06.00 WIB di halaman Benteng Vredeburg Yogya dilanjutkan dengan Reresik Malioboro, lomba mewarnai, lomba peragaan busana dan kirab budaya.

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0734 Yogyakarta, Mayor (Inf) Parno menegaskan, untuk memeriahkan acara besok pihaknya akan memobilisasi warga untuk turut memeriahkan acara budaya tersebut. Sekitar 5.000 warga diperkirakan akan terlibat dalam kegiatan itu dan bersama-sama memeriahkannya.

“Kodim memerintahkan Danramil dan para Babinsa untuk mengajak warga di wilayahnya masing-masing untuk mengikuti kegiatan besok. Ini merupakan salah satu tugas TNI dalam hal menggerakkan warga untuk aktif dalam kegiatan-kegiatan yang positif,” tegasnya.

Bersama aparat Kepolisian, tambahnya, jajaran TNI akan membantu keamanan dan kelancaran acara 'Nguri-uri Kabudayan Ngayogyakarta lan Mangayubagyo 1 Abad HB IX'. Dalam perhelatan tersebut, setidaknya 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) prajurit Kodim 0734 Yogyakarta akan dikerahkan dan akan ditempatkan para titik-titik keramaian warga.

“Besok kita akan berbaur jadi satu dalam kegiatan tersebut. Baik warga, TNI maupun pemerintah akan bersama memeriahkan acara ini,” jelasnya.